Senin, 03 September 2012

ULANGAN IX/1


                                     ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA 
                                                     KELAS/SEMESTER : IX/1 



I. Isilah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

1.  Bacalah teks bacaan berikut ini dengan cermat !
Perjalanan hari minggu yang lalu, kami sekeluarga ke Candi Gedong Songo yang berada di  lereng selatan  Gunung Ungaran. Dari arah Boja kabupaten Kendal sangat menegangkan. Betapa tidak jalan merayap naik turun dengan tikungan yang tajam.
Kami sekeluarga menyusuri jalan yang meliuk-liuk naik turun menyebabkan dada kami terasa berdebar. Maklum di daerah kami, Blora, kondisi jalannya lain dengan jalanan di wilayah sini. Dimulai dari Purwogondo Boja, Ke selatan Limbangan, Sumber, Sumowono dan terus  sampailah di komplek Candi Gedong Songo. Sebelum sampai di komplek candi lagi-lagi jalan terus menanjak naik.
Penggalan laporan tersebut merupakan bagian .....
2.  Bacalah dengan cermat teks berikut!
Tak terasa waktu telah sore sejuknya alam berangsur-angsur mulai terasa dingan . Angin sepoi mengalir meraba seluruh tubuh yang   mulai kedinginan. Meskipun berpuluh kilo kami menyusuri peta perjalan ke komplek candi tetaplah rasa dingin menghampiri kami.
Kini saat sore telah tiba, kami sekeluarga meninggalkan komplek candi. Sepenggal kenangan terbawa selama perjalanan kami pulang. Ke depan dalam waktu yang lain, tentu kami tak bosan untuk berkunjung lagi. Selama perjalanan pulang tak lupa kami membawa buah tangan berupa sayur mayur yang masih segar.
Penggalan laporan tersebut merupakan bagian .....
3.   Perhatikan pula teks berikut ini !
Kegembiraan memuncak setelah tiba di lokasi, bangunan candi yang sudah berusia ratusan tahun kini masih berdiri, meskipun ada beberapa yang mengalami kerusakan. Di kompleks candi tersebut mata kita dimanjakan dengan panorama alam pegunungan yang mempesona, pohon-pohon pinusnya yang menjulang tinggi dipadu dengan rumput yang terawat enak untuk dipandang mata.
Itupun belum cukup, kemegahan candi yang luar biasa mengingatkan akan kebesaran nenek moyang kita pada masa lalu. Mereka telah memiliki seni bangunan yang begitu tinggi. Selain itu tata letak bangunan candi yang memperhatikan lingkungan begitu diperhatikan. Candi yang satu dengan yang lain terletak berjauhan di tempat yang memiliki perbedaan tinggi rendah yang berbeda tersusun dalam peta perjalanan yang mengasyikkan.
Penggalan laporan tersebut merupakan bagian .....

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai perintah soalnya!
1. Perhatikan kutipan dialog berikut ini!
 Reporter : Pelajaran apa yang bisa Anda wariskan ke generasi selanjutnya?
 Siswono : Saya tidak ingin menggurui. Setiap generasi memiliki tantangan dan peluang perjuangannya                            masing-masing. Di tengah arus kuat globalisasi, tantangan di masa depan akan semakin berat                        Untuk itu, kapan pun, di mana pun, jadi apa pun, dalam kondisi apa pun, kita harus tulus dan                        selalu berbuat sebaik-baiknya bukan hanya untuk kepentingan diri, keluarga dan kelompok,                          tetapi  untuk sebesar-besarnya kesejahteraan dan kedamaian masyarakat, serta     untuk                               generasi  yang akan datang.
                 Setiap generasi perlu meniru filsafat penanam pohon jati, yang sadar bahwa umurnya tak akan    
                 cukup untuk menuai hasilnya, dan sadar bahwa anak cucunya yang akan menuai hasil dari yang
                 dikerjakannya.

                 a. Tuliskan hal-hal penting yang disampaikan narasumber dalam dialog tersebut!

                 b. Tulislah sebuah kalimat pernyataan yang berisi simpulan dialog di atas!


                 2. Buatlah kerangka laporan perjalanan yang pernah kamu lakukan dengan benar!

Nilai                             =  .......................................................

Paraf Orang tua                =   .......................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar