Kamis, 09 Agustus 2012

TOUR

                                          
PERJALANAN KE CANDI GEDONG SONGO 



          
Perjalanan hari Minggu yang lalu, kami sekeluarga ke Candi Gedong Songo yang berada di lereng selatan   Gunung Ungaran.  Dari arah Boja  kabupaten Kendal sangat menegangkan.  Betapa  tidak  jalan yang  kami  lewati  merayap  naik  turun dengan tikungan yang tajam.  Kami  sekeluarga  menyusuri   jalan  yang  meliuk - liuk  naik turun  menyebabkan dada kami terasa berdebar.  




Maklum di daerah kami,  Blora, kondisi jalannya lain dengan jalanan di wilayah sini. Dimulai dari Purwogondo Boja, Ke selatan Limbangan, Sumber, Sumowono dan terus sampailah di komplek Candi Gedong Songo. Sebelum sampai di komplek candi lagi-lagi jalan terus menanjak naik. 

Selama perjalanan kondisi di sekeliling perjalanan sungguh indah. Tingginya pegunungan dengan rindangnya pepohonan  membuat suasana  terasa sejuk. Hamparan   sawah dengan padinya yang menguning di sana-sini membuat hati terasa tenteram. 




Kegembiraan memuncak setelah tiba di lokasi, bangunan candi yang sudah berusia ratusan tahun kini masih berdiri, meskipun ada beberapa yang mengalami kerusakan.  Di kompleks candi tersebut mata  kita  dimanjakan  dengan  panorama  alam pegunungan yang mempesona, pohon-pohon pinusnya  yang  menjulang tinggi dipadu dengan rumput  yang terawat enak untuk dipandang mata. 






 
           

Itupun belum cukup, kemegahan candi yang luar biasa mengingatkan akan kebesaran nenek moyang kita pada masa lalu. Mereka telah memiliki seni bangunan yang begitu  tinggi.  Selain itu, tata letak bangunan candi yang memperhatikan  lingkungan  begitu diperhatikan.  Candi  yang  satu  dengan  yang  lain  terletak berjauhan di  tempat yang memiliki  perbedaan tinggi rendah yang  berbeda  tersusun dalam peta perjalanan yang mengasyikkan.  Sepanjang  perjalanan menyusuri lokasi candi mata, kaki, dan  perasaan  termanjakan olehnya. Benar-benar sarana menghilangkan penat yang sehari-hari menyiksa kita.  




Tak terasa  waktu  telah sore sejuknya alam berangsur-angsur mulai terasa dingan . Angin sepoi mengalir meraba seluruh tubuh yang mulai kedinginan. Meskipun berpuluh kilo kami menyusuri peta perjalan ke  komplek  candi  tetaplah  rasa dingin menghampiri kami. 

Kini saat sore telah tiba, kami sekeluarga meninggalkan komplek candi. Sepenggal kenangan terbawa selama perjalanan kami pulang.  Ke depan dalam waktu yang lain, tentu kami  tak bosan untuk berkunjung lagi. Selama perjalanan pulang tak lupa kami membawa buah tangan berupa sayur mayur yang masih segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar