Kamis, 09 Agustus 2012

KULTUM



Assalamualaikum Wr Wb

Jamaah sholat Tarowih yang dimuliakan Allah.

Pertama dan utama marilah kita ucapkan rasa Syukur ke hadirat Allah SWT karena limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya kita semua masih dapat melaksanakan ibadah shalat Tarawih. Dengan ucapan Allahuma shalli ala sayyidina Muhammad wa ala Ali sayyidina Muhammad. Semoga kita semua mendapatkan syafaat baginda Rasul Muhammad SAW di hari kiamat nanti. Amiin.  

Hadirin shalat Tarowih yang dirahmati Allah ....

Pada kesempatan ini kita akan sedikit mengupas Tema yang akan kita bahas kali ini yakni Masalah Kesetiawanan Sosial dan Etika Kemanusiaan.

Hadirin yang berbahagia ....

Dalam hal ini ada salah satu hadis yang berbunyi : “YA ABADARRIN IDZA TOBAHTA MAROKOTAN FA’AKHTSIR MA AHA WATA’AHAD DZIIROONAKA” yang artinya : Hai Abu Dar, jika engkau membuat   kuah   daging   maka   perbanyaklah  airnya  dan  janjikanlah untuk diberikan pada tetanggamu (HR Muslim)

 Jamaah shalat Tarawih yang dimuliakan Allah ....

Kesetiakawanan sosial dapat kita laksanakan dari hal-hal kecil dan sederhana. Misalnya soal hidangan yang kita siapkan pada saat bulan Ramadhan seperti ini. Dalam bulan seperti ini kita selalu berusaha semaksimal mungkin  untuk  menyiapkan  hidangan  untuk  berbuka  sebaik-baiknya. Yang  mulanya kita  makan cukup dengan sambal dan  krupuk/ tempe tetapi pada bulan  seperti ini  kita  tambah dengan menu spesial  sayur bahkan  daging.  Memang waktu  berpuasa  kita  merasa  sangatlah   lapar  apalagi   menjelang   berbuka, seakan-akan masakan yang kita siapkan akan habis sekali santap,  padahal  kenyataannya  ketika berbuka dengan sepiring nasi dan segelas es/ kolak perut kita sudah terasa kenyang. Jamaah shalat tarawih yang berbahagia. Pada bulan yang penuh berkah ini. Alangkah indahnya kehidupan kita kalau hidangan yang kita siapkan itu juga dapat dirasakan nikmatnya oleh tetangga kita. Orang yang dekat dengan kita. Orang yang mungkin pertama kali akan memberikan pertolongan pertama kali pada kita di saat kita mendapatkan satu kesulitan.

 Jamaah shalat Tarawih yang berbahagia......

 Suasana bertetangga yang damai, tenteram, aman, dan berbahagia dapat tercipta hanya gara-gara semangkok sayur/ kolak yang saling kita berikan pada tetangga kita. Dengan semangkok sayur/ kolak itu pula akan menimbulkan rasa senang pada diri tetangga kita karena mereka dapat menikmati enaknya masakan yang kita siapkan dengan penuh suka cita.

 Jamaah shalat Tarawih yang berbahagia.....

Berbuat baik dengan tetangga amatlah perlu kita laksanakan karena apabila kita berbuat jahat pada tetangga maka kita tak akan masuk syurga, sebagaimana  hadis  riwayat  Muslim Berikut ini  “LAYADKHULUL JANNATA MANLAYAKMANU DZARUHU BAWAIKHOHU’’  Yang artinya : Seseorang tidak akan memasuki syurga bagi siapa yang tidak merasa aman tetangganya oleh kejahatannya. Jamaah shalat Tarawih yang dirahmati Allah. Pada bulan yang penuh berkah ini pintu syurga dibuka seluas-luasnya dan pintu neraka telah ditutup rapat-rapat.  Meskipun sedikit amal yang kita berikan itu pastilah Allah akan membalasnya berlipat ganda. Oleh karena itu,  marilah kita berlomba-lomba berbuat kebajikan pada bulan yang penuh berkah ini.  Dan kita berharap semoga kebaikan yang kita tabur pada bulan Ramadhan ini membekas pada kehidupan kita di waktu-waktu mendatang. Amiin.

Jamaah shalat tarawih yang berbahagia.....

Kekurangan terhadap apa yang saya sampaikan datangnya dari saya sendiri,  kebenaran yang ada di dalamnya datangnya dari Allah SWT. Mohon maaf untuk segala kekurangan.
 Akhirul Kalam Wabilahit Taufiq wal hidayah.

 Wassalamualaim Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar