Jumat, 22 Maret 2013

SOAL UJI COBA UJIAN NASIONAL 2013


UJI COBA KOMPETENSI PESERTA DIDIK (UCKPD)
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

                                                        LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia                      
Satuan Pendidikan  : Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Hari,Tanggal           :
Waktu                      : Pukul 08.00 s.d. 10.00 (120 menit)
         
Hitamkan bulatan pada huruf a, b, c, atau d yang Anda anggap benar pada lembar jawaban yang telah disediakan!

1.      Meski kaya manfaat, mengosumsi cokelat belum menjadi budaya masyarakat Indonesia.  Cokelat masih dianggap makanan mewah yang hanya dikonsumsi oleh sebagian kecil masyarakat saja. Padahal,  Indonesia penghasil kakao terbesar ketiga dunia setelah Ghana dan Pantai Gading. Konsumsi cokelat Indonesia baru 0,2 kilogram per kapita. Angka ini masih kalah dengan Malaysia yang mencapai 0,6 kilogram per kapita.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...
A. Cokelat mempunyai banyak akan khasiat.
B. Budaya mengosumsi cokelat di Indonesia.
C. Cokelat  masih dianggap makanan mewah
D. Indonesia penghasil kakao ketiga di dunia.
2.      Arikel 1
Indonesia punya menu ayam goreng yang rasanya sangat lezat. Yaitu, ayam goreng kalasan. Ayam goreng kalasan ini rasanya sangat gurih. Ada bumbu kriuk yang selalu setia menemani ayam goreng kampung ini. Salah satu perbedaan yang paling penting ayam goreng Kalasan menggunakan ayam kampung. Ayam kalasan ini dimasak dengan aneka rempah khas Indonesia. Pasti lebih sehat karena tanpa penyedap rasa yang berlebihan.

Arikel 2
Rendang adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakaan khas dari Sumatera Barat ini sangat digemari semua kalangan. Tidak saja masyarakat Indonesia bahkan luar negeri pun menggemarinya. Selain daging sapi, rendang juga menggunakan kelapa. Rendang menggunakan bumbu khas Indonesia. Bumbu tersebut yaitu cabai, lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lainnya.

Persamaan ide kedua artikel tersebut adalah ...
A.     Masakan Indonesia di luar negeri
B.     Masakan yang nonpenyedap rasa.
C.     Masakan-masakan khas Indonesia
D.     Wisata kuliner masakan Indonesia

       Disajikan dua kutipan berita yang bertopik sama, siswa dapat menentukan penyajian dua teks tersebut
Teks Berita 1
Teks Berita 2
Ajang pencarian bakat Indonesian Idol 
 kembali digelar. Ratusan orang rela antre
 untuk menjadi idola Indonesia yang baru. 
 Seorang peserta tampil grogi di depan juri
 saat juri inti yang kali ini ditambah Anang Hermansyah dan Jamie Aditya yang terkenal
 dalam dunia musik itu mengomentari 
penampilannya.
Fernandus Gultom (26) merasa bangga
 karena ia berhak melaju ke babak berikutnya
 pada pemilihan Indonesian Idol. Dengan  
 karakter suaranya yang khas, ia mampu 
 bersaing dengan ribuan pendaftar yang 
mengikuti audisi. Jumat, 23 Februari itu 
menjadi sejarah baru bagi putra kedua 
keluarga Gultom itu


3.   Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A
apa-siapa-bagaimana
siapa-mengapa- di mana
B
apa-kapan-mengapa
siapa-kapan-bagaimana
C
apa-siapa-mengapa
siapa-di mana-kapan
D
apa-siapa-bagaimana
siapa-bagaimana-kapan

         Teks 1
         Pemadaman listrik bergilir di Jakarta dan sekitarnya bakal berakhir. Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, menyatakan, sumber pendanaan untuk mencukupi kekurangan pasokan listrik di DKI Jakarta senilai Rp 5,6 triliun sudah didapatkan.

Teks 2
Kondisi krisis listrik di Jakarta dan sekitarnya saat ini, menurut Hatta, masih kekurangan pasokan sekitar 30 megawatt (MW). Turun dari posisi sebelumnya 120 MW. Dia berharap  masalah ini akan cepat direalisasikan.

4.   Perdedaan isi kedua berita tersebut adalah …
A. penanganan listrik di Jakarta                      
B. pembiayaan pokok persoalan                     
C. krisis listrik di ibu kota Jakarta
D. pokok berita daya beban listrik

Habiburrahman El Shirazy merupakan sosok fenomenal dalam dunia sastra negeri ini.
 Beberapa karyanya, antara lain Ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, berhasil 
mendapat sambutan luar biasa dari pembaca novel tanah air. Bahkan karya-karyanya telah 
dibuat dalam bentuk film dan sinetron.
        Menurut Kang Abik, demikian panggilan akrab para penggemar kepadanya, ia dapat
 membuat beberapa novel dalam satu waktu. Ibarat makan, katanya, bosan jika harus makan
 satu menu terus dalam beberapa hari. Strategi selang-seling dalam menulis novel Islaminya ia
 jalani untuk menghindari kejenuhan.
        Pria kelahiran Semarang, 30 September 1976 ini, mengaku tidak kesulitan membuat
 novel dalam waktu bersamaan karena ia menulis sesuatu yang diketahui dan dekat dengan kehidupan.
        Sejak sekolah, ia telah banyak membaca dan menulis. Bahkan ia sering mendapat
 penghargaan atas tulisan ilmiah kala itu. Saat kuliah S2 harus terus berlanjut, beasiswa 
yang diberikan sudah dihentikan. Ia memutar otak bagaimana cara mendapatkan uang. 
Pertama, ia menerjemahkan tulisan ilmiah dan non-ilmiah dari bahasa Arab ke Inggris. 
Pekerjaan dilakukan rutin dan tekun serta disiplin waktu.
5.   Keistimewaan tokoh dalam biografi tersebut adalah ...
A.        Karya-karyanya sudah banyak dibuat dalam bentuk film.
B.         Beliau sudah gemar membaca dan menulis sejak muda.
C.         Beliau dapat menulis beberapa novel dalam satu waktu
D.        Dapat menerjemahkan buku dari bahasa Arab dan Inggris.

6.    Hal  yang dapat diteledani dari tokoh dalam biografi tersebut adalah …
A.        banyak corak membuat novel yang bernuansa agama
B.         mendapat beasiswa ketika melanjutkan ke jenjang S2
C.         sejak sekolah sudah sering mendapatkan penghargaan
D.         semua pekerjaannya dilakukan dengan disiplin dan tekun

ANJUNGAN KORAN MANDIRI(1)
Koran Pertama yang Mengaplikasikan
Mesin Otomatis Penjualan Koran(2)

LOKASI ANJUNGAN KORAN MANDIRI (AKM)(3):
Bandara (10 unit), Bintaro Plaza, DPR, FE UI Depok (2 unit), ITB Bandung,
 Jakarta Teater, La Codefin Kemang, RS Harapan Kita, RSIA Bunda Menteng, 
RS PGI Cikini, RSAL Mintoharjo, RS Pelni, RS Husada, RS Hasan Sadikin 
Bandung, RSPAD Gatot Subroto (2 unit), RS Pusat Pertamina (2 unit). (4) 

7.    Penjelasan kalimat (2) yang tepat adalah ...
A. Koran yang dijual dengan model pembayarannya melalui ATM
B. Koran yang pertama menerapkan penjualannya dengan mesin.
C. Mengiklankan koran dengan mesin untuk tingkatkan penjualan.
D. Koran yang pertama gunakan mesin otomatis pencetakkannya.

AKADEMI PARIWISATA
PATRIA INDONESIA
AKREDITASI B OLEH (BAN) PT(1)

MENERIMA MAHASISWA BARU/PINDAHAN
TAHUN AKADEMIK 2011/2012(2)

PROGRAM FAVORIT D3 & D1 JURUSAN PERHOTELAN(3)

BIAYA KULIAH HANYA Rp 600.000 an/Bulan
Biaya sudah termasuk: uang gedung, sks, praktek, ujian & seragam(4)

Training di dalam dan luar negeri yang menyenangkan(5) 

8.   Kalimat yang berisi fakta pada iklan tersebut ditandai nomor ...
A. (1)                                                                                      
B. (3)
C. (4)
D. (5)

Komik lama bisa mengingatkan orang pada masa anak-anak dulu. Ketika belum
 ada game di komputer, televisi, hiburan mereka hanya membaca buku. Sementara
 kalender lama akan mengingatkan orang akan kejadian. Kalender lama juga sebagai
 pengingat tanggal, hari pasaran jawa, bulan, dan tahun sebuah kejadian yang menurut
 orang bernilai. 

9.    Simpulan isi paragraf tersebut adalah ...
A. Barang-barang lama akan mengingatkan seseorang kepada sesuatu.
B. Buku dan komik lama lebih bernilai daripada buku dan komik baru.
C. Kejadian-kejadian penting akan terlihat jelas pada kalender lama.
D. Masa anak-anak masa yang menyenangkan yang tak mudah dilupakan.

Volume Konsumsi BBM Bersubsidi (juta kiloliter)





10.      Penjelasan yang tepat sesuai dengan isi grafik tersebut adalah ...
A. Konsumsi BBM Bersubsidi pada tahun 2009 lebih banyak dibandingkan tahun 2008.
B. Volume BBM Bersubsidi pada tahun 2008 jumlah hampir sama dengan tahun 2010.
C. Kenaikan yang sangat signifikan volume  BBM Bersubsidi terjadi pada tahun 2011.
D. Volume BBM Bersubsidi sejak tahun 2008 hingga tahun 2011 terus meningkat

Pertumbuhan Kendaraan Bermotor di Indonesia

Tahun
Jumlah mobil (unit)
Jumlah motor (unit)
Kredit pemilikan kendaraan bermotor di BPR (miliar rupaih)
2008
603.774
6.264.265
615
2009
486.088
5.884.021
880
2010
764.710
7.395.390
1.072
  2011*
417.687
4.056.075
1.192


11.      Simpulan isi tabel tersebut adalah ...
A.   Kepemilikan mobil dan motor sejak tahun 2008 hingga 2011 tidak tetap hal
       ini berbeda dengan kepemilikan kendaraan bermotor melalui kredit terus mengalami
       peningkatan.
B.   Jumlah pemilik mobil sejak tahun 2008 hingga 2011 terus menurun lain lagi dengan
       pemilik motor yang terus meningkat dan puncaknya terjadi pada tahun 2010.
C.   Kepemilikan kendaraan melalui kredit BPR terus meningkat,  sedangkan jumlah
       pemiliki motor dan mobil dari tahun ke tahun menurun.
D.   Selama empat tahun terakhir  pemilik kendaraan baik mobil maupun motor melalui
       kredit BPR terus mengalami peningkatan.




 













Salah seorang karyawan Aldamart keracunan makanan kadaluarsa. Dia segera dilarikan ke rumah   sakit.

12.     Perjalanan yang paling  efektif ke rumah sakit adalah … .
 







A. Jalan Panda, lewat Jalan Tapir, Jalan Raya Fauna
B. Jalan Gajah, Jalan Singa, menyeberang ke Jalan Raya Fauna
C. Jalan Gajah, Jalan Jerapah, menyeberangi Jalan Raya Fauna
D. Jalan Panda, Jalan Gajah, menyeberang ke Jalan Raya  Fauna

 

                          STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH

                                   KEPALA SEKOLAH
                                                                                                                    
                                       KEPALA TU

                   WAKASEK KESISWAAN                         WA KASEK KURIKULUM
                                                    
  LABORAN            WALI KELAS              GURU BP            PUSTAKAWAN


13.   Pernyataan yang sesuai dengan isi bagan tersebut adalah …
A.     Guru BP dan pustakawan atasannya wakasek kurikulum.
B.     Kepala Tata Usaha membawahi wakasek kesiswaan dan kurikulum.
C.     Kepala tata usaha dapat memerintah langsung para wakil kepala sekolah
D.     Laboran, wali kelas,  dan pustakawan bertanggung jawab ke kepala sekolah.

                    Kutahu
Semua percaya adanya Tuhan
Tapi berapakah yang yakin Tuhan berkuasa
Ku berhasil karena usahaku yang keras
Ku berhasil karena teman
Kuberhasil karena keluargaku yang hebat
Lalu di manakah tangan Tuhan
Yakinkah itu.
14.   Tema puisi tersebut adalah ...
A. keyakinan                          
B. kepasrahan                         
C. kekecewaan
D. keberhasilan

15.    Larik bermajas pada puisi tersebut adalah ...
A. Semua percaya adanya Tuhan       
B. Ku berhasil karena usahaku yang keras
C. Ku berhasil karena teman
D. Lalu di manakah tangan Tuhan


Puisi 1
Puisi 2
Jangan kau sakiti ibumu
Buatlah dia nyaman
Lega bernapas
Sejuk memandang
Kau akan sukses
Ketika kau bisa menyukseskan ibumu
Patri silaturahmi
Seperti jaring laba-laba
Satu menguatkan yang lain
Panjangkan umur
Perbanyak rezeki
Sehatkan kita
16.    Perbedaan pesan kedua puisi tersebut adalah ...
Pilihan
Puisi 1
Puisi 2
A
jangan menyakiti ibu
manfaat silaturahmi
B
berbuat baiklah kepada ibu
bersilaturahmilah
C
raihlah  kesuksesan
cari makna silaturahmi
D
selalu menenangkan ibu
Perkuatlah silaturahmi

Bacalah dengan cermat!
(1)Sebenarnya, gedung bioskop itu berada persis di depan los kontrakan kami. Tapi sedikit pun kami tak berani meliriknya. Sebab menonton bioskop merupakan salah satu larangan paling keras Pak Mustar.
        (2)“Sangat berbahaya .... Sangat berbahaya dan menjatuhkan martabatmu, anak-anak Melayu bangsa pujangga, jika menonton film yang dengan melihat nama pemainnya saja kita sudah dapat menduga ceritanya.
        (3)“Film tak pakai otak! Akting tak tahu malu! Tak ada mutunya sama sekali. Lihatlah posternya itu! Aurat diumbar ke mana-mana. Film seperti itu akan merusak jiwamu.
        (4)“Pakai waktumu untuk belajar! Awas! Sampai tertangkap tangan kau nonton di situ, rasakan akibatnya.
        (5)Maka tak ada siswa SMA Negeri Bukan Main yang berani dekat-dekat bioskop itu. Membicarakannya pun sungkan. Tapi sore ini berbeda. Aku, Jimbron, dan Arai baru pulang sekolah dan duduk santai di beranda los kontrakan kami waktu melihat para petugas bioskop mengurai gulungan terpal besar berukuran 4 x 3 meter, sebuah poster film baru.

17.  Latar   cerpen tersebut adalah ...
A. di sebuah kontrakan pada sore hari
B. di gedung bioskop pada malam hari
C. di depan gedung bioskop malam hari
D. di sekolah SMA pada waktu siang hari

18.  Bukti tokoh Pak Mustar berwatak disiplin  terdapat pada bagian ...
            A. (1)                                                              
            B. (2)  
            C. (3)
            D. (4)
                                                           
  19.    Pengarang menggambar watak tokoh Pak Mustar yang antipati terhadap    
           bioskop dengan cara …
            A. percakapan tokoh-tokoh lain                     
            B. pembicaraan tokoh  itu sendiri       
            C. reaksi tokoh terhadap keadaan
            D. terefleksi langsung penciptanya


Pulang kerja, Papa mengumpulkan kami di ruang tengah. Ruang kecil yang biasanya hangat,
 malam ini terasa menegangkan. Papa menarik nafas dan memandang kami satu persatu. 
Dari raut wajahnya, kulihat ada gurat kesedihan. Aku jadi resah.
      “Mulai minggu depan, Papa berhenti kerja,”kata Papa pelan, tetapi membuat kami 
semua termangu.”Penjualan perusahaan terus menurun. Manajemen memutuskan 
memberhentikan separuh karyawan. Papa salah satunya.”

20.    Amanat cerita tersebut ...
A. sampaikan keadaan perusahaan kepada keluarga
B. anak-anak harus mengetahui persoalan keluarga
C. setiap ada persoalan selalu dimusyawarahkan
D. tegarlah dalam menghadapi permasalahan


       Hatinya marah benar kepada anak yang meletakkan setabung penuh air dingin dekat
kakinya supaya tersinggung dan tumpah menyiram dia. Jahat sungguh perbuatan anak itu.
      Durahman turun; berlari ke sungai mencari kawan-kawannya.”Munap, engkau tahu 
siapa yang meletakkan tabung air di kakiku?” tanya Durahman.
      “Mengapa? Basah engkau?” tanya si Munap sambil melihat pakaian Durahman yang
 kuyup itu,”ha,ha,ha bulus pendekar!

21.    Konflik dalam cerita tersebut adalah ...
A. Kemarahan Durahman kepada orang yang meletakkan air dekat kakinya.
B. Pakaian Durahman basah kuyup tersiram air dalam tabung.
C. Durahman berlari-lari ke sungai mencari teman-temannya.
E. Ejekan Munap kepada Durahman yang basah kuyup.



             Novel 1
    “Sejak kapan kau di sini?”
    “Hampir sepuluh tahun.”
    “Berapa umurmu sekarang?”
    “Enam belas.”
    Aku terdiam. Berarti sejak berumur enam tahun ia dijual. Aku tak bisa berkomentar 
apa-apa. Bernakku tak merasa cukup untuk membayangkan penderitaannya. Ia seumur
 denganku, tetapi sudah mengalami kekejian bertahun-tahun.
    Dan aku? Usiaku tujuh belas. Namun semua kunikmati di dalam balaiurung kabupaten.
 Pekerjaan terberat untukku hanyalah membatik.

Novel 2
Robert membaca tulisan itu berulang-ulang, bagaikan tidak percaya akan kebenarannya.
Huruf itu memang huruf ayahnya, kata itu ialah katanya. Tapi mungkinkah itu semua?
 Robert sebenarnya bukan anaknya? Maka berkatalah ia seolah-oleh pada dirinya 
sendiri, “Mana boleh bukan anaknya! Ah, mungkin ayah saya sedang sakit pikiran,
 ia tak tahu apa yang dituliskannya. Meskipun bagaimana, aku hendak mempertahankan 
hakku sebagai anaknya”
22.     Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah ...

Pilihan
                 Novel 1
                  Novel 2
A
sudut pandang orang pertama
sudut pandang orang ketiga
B
menggunakan bahasa Melayu lama
menggunakan bahasa Indonesia
C
bertema penderitaan
bertema keharmonisan
D
berlatar sebuah bangunan tua
berlatar ruang kelauraga





Dari sebelah kiri masuk seorang laki-laki. Orang-orang dalam babak ini berbicara seperti ketakutan, tidak lepas suaranya.
ISHAK            : Tepat betul datangnya. Pukul sepuluh. Hari Selasa.  
SATILAWATI  : (terkejut) Aku kira engkau tidak akan datang.
ISHAK            : Asmadiputera dan Kartili mana?
SATILAWATI  : Segera menyusul. Apa yang akan kau katakan kepadaku?
ISHAK            : Banyak sekali. Tapi yang terpenting ialah: aku cinta padamu.
SATILAWATI  : Kalau itu tidak perlu di sini benar. Mari kita ke rumah.
ISHAK            : Aku akan pergi.
SATILAWATI  : Pergi? Ke mana?
ISHAK            : Jauh, jauh sekali. Di rumahmu aku tidak dapat bercakap.
SATILAWATI  : Mengapa?
ISHAK            : Tidak boleh orang mendengarnya, ayah pun tidak.
SATILAWATI  : Tapi ayah selalu baik kepada kita. Lagi ia tidak ada di rumah sekarang.
                         Pergi menjemput nenek ke setasiun.
ISHAK           : Yang baik sekarang ini hanya Asmadiputera, Kartili dan engkau,
                         Satilawati.
SATILAWATI : Aku seperti main dalam cerita detektif saja rasanya.
ISHAK          : Tidak banyak bedanya, Satilawati. Aku harus berbicara dengan
                       tunanganku dalam gelap, di jalan yang sunyi. Ha, ha, ha, ha
SATILAWATI : Tapi pa yang hendak kaukatakan?
ISHAK           : Engkau pelupa rupanya. Sebentar ini baru kukatakan. Aku cinta padamu
                                      dan aku akan pergi.


23.   Suasana dalam drama tersebut ...
A.     sendu                                                        
B.     syahdu
C.   lengang
D.   romantis   
24.    Latar dalam kutipan drama tersebut adalah ...
A. di setasiun sore hari                       
B.     di rumah pada suatu malam          
C.     pukul sepuluh di suatu tempat
D.     di sebuah jalan pada malam hari

Santiana mendapat tugas mengibarkan bendera. Awalnya berjalan lancar, tetapi ketika dia
 mundur sambil menarik bendera, bendera yang merah sobek dan dia pun hampir jatuh. 
Dia malu sekaligus takut.

25.    Kalimat catatan buku harian yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A. Kami menjadi petugas pengibar bendera. Ketika kami akan mengibarkan bendera bendera
     bagian merahnya sobek. Kami malu sekali. Tapi kami cepat-cepat ganti dengan bendera
     yang lainnya.
B. Aku bertugas mengibarkan bendera. Aku dibagian penarik tambang  sedangkan Santiana di
     bagian pembentang bendera. Ketikan Santiana akan          mundur dan membentangkannya,    
     bendera     bagian merah robek.
C. Aku bertugas mengibarkan bendera pada bagian menarik dan  membentangkan bendera.   
    Awalnya     penaikan bendera berjalan lancar. Tetapi ketika akan kutarik bendera bagian
     merah sobek. Aku     hampir terjatuh. Aku malu bercampur takut.
            D. Upacara bendera hari Senin itu berjalan lancer. Aku dan teman-teman sekelasku mendapat 
                giliran menjadi petugas. Aku kebagian sebagai pengibar bendera dan awalnya aku tidak malu.
                Tetapi ketika bendera yang kubawa ternyata sobek aku jadi malu.
Perhatikan kalimat-kalimat laporan berikut.
(1)        Sekilas rangkaian acara upacara bendera tersebut memang tidak ada bedanya dengan
            di  tanah air.
(2)        Kendati dilkukan pada musim panas, tidak menyurutkan niat mereka memperingati 
             HUT Kemerdekaan Indonesia.
(3)        Lagu Indonesia Raya berkumandang di halaman KBRI Roma, Italia.
(4)        Lebih dari 100 warga Indonesia memadati lapangan depan KBRI.
(5)        Namun, momen ini sangat ditunggu oleh masyarakat Indonesia yang bermukim di Italia.
26. Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi sebuah laparan yang baik dengan susunan ...
            A.    (4), (1), (2), (5), (3)                                 
            B.     (3), (4), (1), (2), (5)                                               
            C.     (3), (1), (5), (4), (2)
            D    (1), (3), (4), (5), (2)


Pembina ekstrakurikuler bidang PMR  akan membuka pendaftaran  anggota baru bagi kelas VII.
26.   Isi pengumuman yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A.  Siswa kelas VII yang akan mengikuti PMR segera mendaftarkan diri ke bagian OSIS
B.  Anggota PMR kelas VII yang akan mengikuti latihan PMR segera mendaftarkan diri.
C.   PMR membuka pendaftaran kelas VII yang berminat segera mendaftarakan diri.
            D.     Kelas VII yang  berminat menjadi anggota PMR segera mendaftarkan diri.


No
Data
Uraian
1
Judul
Alam Semesta Yang Menakjubkan                 
2
Penulis
Firman Sujadi
3
Penerbit
Bee Media Indonesia
4
Tahun
2009
5
Kota
Jakarta
6
Kelemahan
Tulisannya terlalu kecil
7
Keunggulan
Gambar-gambarnya menarik dan uraian mudah dipahami


27.       Paragraf resensi yang sesuai dengan data tersebut adalah ...
A.   Buku yang disusun oleh Firman Sujadi ini mengupas masalah alam semesta. Buku ini diterbitkan Bee Media Indonesia, tahun 2009. Alam semesta khususnya angkasa raya dijelaskan pada buku tersebut dengan uraian-uraian yang sederhana. Gambar-gambar dalam buku tersebut samarkarena tulisannya kecil-kecil.
B.  Buku yang menyingkap angkasa raya ini ditulis oleh Firman Sujadi. Buku yang diterbitkan oleh
Bee Media Indonesia ini mulai diedarkan di Jakarta tahun 2009. Alam semesta yang maha luas
ini dilukiskan dengan gambar yang menarik. Uraiannya pun sangat mudah dipahami. Hanya sayang tulisannya terlalu kecil sehingga merepotkan pembaca.
C.  Buku ini mengungkapkan rahasia  alam semesta. Buku yang diterbitkan oleh Bee Media
Indonesia Jakarta tahun 2009 tidak menyertakan gambar di dalamnya. Walaupun uraian sangat
 sederhana sehingga mudah dipahami tetapi kurang menarik. Hal ini diperparah lagi dengan
tulisannya yang terlalu kecil.
D.  Jarang dijumpai buku yang mengungkapkan ruang angkasa semendetail ini. Gambarnya
 berwarna seolah-olah pembaca diajak melihat yang aslinya. Uraiannya pun tidak terlalu sulit
 dipahami. Buku yang diterbitkan Bee Media Indonesia ini sudah habis terjula sejak tahun 2009.
Memang buku ini tidak cacatnya.


Pak Darmawan bermaksud memberikan santunan kepada Panti Asuhan Darul Aitam di kapungnya. Dia menyurati adik-adiknya yang berada di luar kota untuk membantu kegiatannya.

28.       Isi surat pribadi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A.  Bagaimana kabarnya Dinda, semoga Dinda dan keluarga dalam keadaan sehat. 
      Kanda pun di Boyolali  dalam keadaan sehat. Bagaimana ananda           Santi jadi kuliah di    
      mana? Kalau  boleh ngasih saran sih mendingan Santi     kuliah di Jakarta saja.
            B.     Dinda, kanda  punya maksud, mudah-mudahan maksud kanda ini berkenan juga untuk
Dinda. Di kompleks kanda ada panti asuhan gimana kalau setiap bulannya Dinda sisihkan rezeki untuk diberikan kepada mereka.
            C.     Anaknya baik-baik kok. Kalau saran Kakanda sih mendingan Dinda      mengadopsi 
                  salah satu dari mereka anggap saja kita membantu mereka.          Lagian panti asuhan
                  tersebut administrasi bagus.
             D.    Mudah-mudah maksud kanda ini berkenanjuga di keluarga Dinda. Ingat yang dikatakan 
                  orang tua kita dulu. Bahwa rezeki yang kita peroleh 2,5% milik orang lain dan itu harus 
                   kita keluarkan.

OSIS SMP DUTA PRIMA JOGJA

OSIS SMP Duta Prima Jogja. Tetapi dalam waktu yang bersamaan kami pun sedang 
persiapan Pensi dalam rangka HUT sekolah kami. Kami yakin tanpa kehadiran kami
 pun kegiatan tersebut akan sukses.
Demikian surat balasan dari kami. [ … ]. Mudah-mudahan di lain waktu kami dapat 
berpartisipasi.

               Ketua,         

                                                                              Sekretaris,                                                            

               Bagus Sudibyo                                        Intan Pertiwi


29.       Kalimat yang tepat untuk melengkapi (penutup) surat tersebut adalah …
A. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Saudara.
B. Kami akan akhiri surat ini dengan ucapkan terima kasih.
C. Inilah yang dapat kami sampaikan sekian terima kasih
D. Atas perhatiannya, kami ucapkan  banyak terima kasih. 

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta telah berupaya untuk
 melestarikan vanda tricolor. Usaha itu antara lain melalui pembentukan unit pelaksana
 budidaya kelompok tani konservatif. Kelompok ini sudah berjalan 3,5 tahun. Tetapi
 sampai saat ini belum menunjukkan perkembangan memuaskan.
        Jenis anggrek  (vanda tricolor) yang termasuk langka ini,  sekarang amper punah. 
 BKSDA menawarkan kepada semua pihak yang ingin menanam dan membudidayakan
 anggrek khas lereng Merapi ini. Pihak BKSDA akan memberikan bibit anggrek kepada 
siapa pun yang berniat membudidayakannya. Selain itu, pihak BKSDA juga siap 
memberikan pengetahuan tentang cara membudidayakan anggrek ini.

30.       Rangkuman bacaan tersebut adalah ...
A.BKSDA melakukan berbagai upaya untuk melestarikan anggrek jenis        vanda
    tricolor  dengan cara memberikan bibit dan penyuluhan.
B.Berbagai upaya  dilakukan untuk melestarikan anggrek vanda tricolor karena
    anggrek jenis ini termasuk  langka dan hampir punah.
C.Berbagai pihak sudah berupaya untuk melestarikan anggrek jenis   vanda
    tricolor ini, di antaranya melalui pemberian bibit kepada    masyarakat.
D.Anggrek yang hidup di lereng Gunung Merapi ini sudah dibudidayakan oleh
   Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta melalui penyu-
   luhan
Seseorang  membakar sampah dekat alang-alang yang sudah kering. Entah dia mau
 ke mana bakaran sampah itu dia tinggalkan begitu saja. Akhirnya terjadi kebakaran. 
Kebakaran itu tidak sempat menyambar ke rumah warga.

31.       Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
            A. Pada musim kemarau yang panjang ini banyak pepohonan yang kering. Begitu pun 
                 rerumputan  dan alang-alang. Kebakaran alang-alang telah terjadi di RT 007/09 Marunda.    
                 Kebakaran  tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Tetapi kebakaran tersebut membuat    
                 panik warga yang rumahnya dekat alang-alang tersebut. Kebakaran itu bermula dari 
                 seseorang yang  membakar sampah dan ditinggal.
            B.  Kebakaran sampah dan alang-alang telah terjadi di ibu kota. Kebakaran tersebut   
                  diakibatkan  kemarau yang panjang. Sehingga banyak pohon dan alang-alang yang    
                  kering. Tentu hal ini  mudah  untuk terbakar. Apalagi jika ada orang dengan sengaja   
                  membakar sampah dan dibiarkan begitu saja sehingga api merembet ke tempat lain        
                  yang ada di sekelilingnya.
            C.    Beberapa mobil pemadam telah didatangkan untuk memadamkan kobaran api yang
menghanguskan beberapa rumah yang terletak di pinggir tumpukan sampah.      
 Kebakaran ini diperparah lagi dengan musim kemarau yang  panjang sehingga      
 rumput dan alang-alang di sekitarnya ikut terbakar. Kejadian ini sontak saja 
membuat warga menjadi panik. Apalagi saat itu angin kencang ke arah
 rumah warga.
 D. Seseorang tertangkap warga karena telah sengaja membakar alang-alang yang      
      berada di  tengah   pemukiman. Kebakaran itu tentu saja membuat warga menjadi     
      panik. Walaupun kebakaran  itu tidak menimbulkan korban jiwa tetapi asap yang     
      ditimbulkannya sangat hitam pekat.  Kotoran dan abu yang diterbangkan asap     
      tersebut membuat rumah warga menjadi kotor.

Ketua RW 005 Kelurahan Sosromenduran mengajak warga untuk menanam pohon
walaupun hanya sebatang di pekarangan rumahnya.                                               
 
32.       Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
 A. Rumah tanpa pohon, ih gersang perasaanya
 B. Tanam pohon hari ini besok udara jadi bersih
 C. Hijau pekarangannya damailah penghuninya
 D. Tanam satu pohon di mana saja demi semua

No
Nama
Uraian
1
Jenis
Motor
2
Merk
Honda
3
Spesifikasi
Warna hitam, STNK panjang, orang pertama, tahun 2009
4
Harga
9 juta-an bisa ditawar
5
Identitas Pemilik
Sartubi, Rorotan IX/1 – Cilincing – 44851246



33.       Iklan baris yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...

A. DIJUAL mtr Honda, STNK panjang, 9 jt, Sartubi
     44851246
B. MOTOR dijual, htm, STNK lama, tgn pertama, 9 jt
     tahun 2009, Rorotan IX/1 Cilincing
C. DIJUAL mtr Honda, th 2009, tgn pertama, htm,
     STNK lama, 9 jt nego, Hub. 44851246
D. SARTUBI jual mtr Honda, hitam, STNK baru, tahun
     Muda 2009, tangan pertama, 9 jutaan, ditawar
     Hub. Rorotan IX/1 Cilincing
Petunjuk membuat sayur asem thailand
(1)   Tambahkan gula dan garam secukupnya
(2)   Kemudian semuanya dimasukkan dalam panci tunggu sekitar 5 menit.
(3)   Haluskan/ulek cabai merah, bawang merah & bawang putih.
(4)   Sayur siap disajikan
(5)   Semua bumbu dan air serta bahan-bahan dicampur jadi satu

34.       Urutan petunjuk tersebut yang tepat adalah …
A.     (1), (3), (5), (4), (2)
B.     (2), (4), (5), (3), (1)
C.     (3), (1), (2), (4), (5)
D.  (3), (5), (1), (2), (4)
Petunjuk mengirim berita melalui email:
(1)   Masukkan/ketik alamat email.
(2)   [ … . ]
(3)   Setelah itu klik ‘masuk’ email akan terbuka.
(4)   Ketik berita yang akan disampaikan pada kolom berita
(5)   [ … . ]
(6)   Klik ‘kirim’
(7)   Pengiriman berita berlangsung.

35.       Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah 
A.     (2) Email akan terbuka
            (5) Ketik pasword yang akan dikirimi berita.
B.     (2) Ketik /masukkan pasword
            (5) Ketik alamat email yang akan dikirimi berita
C.     (2) Masukkan pada kolom berita email penerima
            (5) Ketik pasword yang akan dikirimi berita.
D.     (2) Email akan terbuka
            (5) Ketik alamat email yang akan dikirimi berita

Para Bapak-bapak  dan iibu-ibu semua,
Hari ini kita mengundang para Bapak  sekalian untuk membicarakan persiapan
 anak-anak kalian mengahadapi ujian nasional.

36.       Perbaikan teks pidato tersebut yang tepat adalah …

A.        Para Bapak-bapak dan ibu-ibu
            Hari ini kami mengundang para Bapak-bapak sekalian untuk membicarakan
            persiapan anak-anak kita mengahadapi ujian nasional.

B.         Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian
            Hari ini kita mengundang para Bapak dan ibu  sekalian untuk membicarakan 
            persiapan anak-anak kami mengahadapi ujian nasional.

C.         Bapak-bapak dan Ibu-ibu,
            Hari ini kami mengundang Bapak-bapak dan ibu-ibu untuk membicarakan 
            persiapan anak-anak kita mengahadapi ujian nasional.

D.        Para Bapak dan ibu
            Hari ini Bapak mengundang para  Ibu-ibu untuk membicarakan        
            persiapan anak-anak kalian mengahadapi ujian nasional.

MTs. Insan Cendekia mengadakan peringatan Hari R.A. Kartini. Kegitan tersebut
 selain upacara juga diadakan lomba-lomba yang berhubungan dengan wanita.
 Misalnya menjahit, berbusana, merias wajah, memasak, dll.

37.       Paragraf pembuka pidato sesuai dengan kegiatan tersebut adalah ...
A.  Perjuangan Beliau mengangkat harkat dan martabat kaum wanita Indonesia patut  
     dikenang sepanjang hayat. Kita tidak bisa membayangkan seperti apa jadinya jika    
     wanita- wanita Indonesia  hanya berada di barisan belakang. Kini wanita Indonesia  
      mampu   menyejajarkan dirinya dengan kaum pria. Bahkan dalam hal tertentu mereka  
      bisa  melebihinya. Tentunya  dengan segala kemampuan dan talenta yang dimilikinya.
B.  Saat itu wanita Indonesia hanya sebagai perlengkapan perhiasan kaum pria. Beliau sangat 
     prihatin dengan keadaan tersebut. Beliau curahkan segala kegalauan hatinya melalui surat- 
     suratnya yang dikirim kepada teman-temannya di luar negeri. Beliau berjuang agar harkat 
    dan martabat kaum wanita dapat sejajar dengan kaum pria. Perjuangan beliau tidak sia-sia
    kini  kaum wanita Indonesia sudah menikmatinya.
C.  Setiap tanggal 21 April bangsa Indonesia memperingati lahirnya R.A. Kartini. Beliau 
      adalah  tokoh emansipasi wanita di Indonesia. Berkat perjuangan beliau yang gigih
     dan tak kenal   menyerah bahkan sampai akhir hayatnya. Maka  kita sebagai bangsa 
     yang besar akan selalu mengenang dan meneruskan perjuangan para pahlawannya. 
     Oleh karena itulah setiap  tanggal  21 April kita peringati sebagai Hari Kartini.
            D.    Inilah makna di balik peringatan Hari Kartini. Bukan sekadar seremonial, lomba-lomba
                  atau       pertandingan-pertandingan saja. Kita harus dapat merenungi dan bertekad 
                  dalam hati untuk meneruskan perjuangan Beliau. Karena apa yang telah Beliau rintis
                  saat itu merupakan           perjuangan besar bagi bangsa ini. Semoga peringatan ini
                  akan lebih membangkitkan kembali     semangat kaum wanita di Insonesia.

38.       Rumusan masalah karya ilmiah sesuai tema tersebut adalah ...
A. Bagaimana  tata cara upacara bendera bagi siswa yang disiplin di sekolah?
B. Bagaimana peran siswa  dalam  pelaksanaan upacara pengibaran bendera?
C. Bagaimana peranan  upacara bendera  dalam meningkatkan disiplin siswa?
D. Bagaimana disiplin siswa  dalam berperan di upacara pengibaran bendera?

Masa remaja masa di mana anak manusia mulai mencari identitas diri. Pencarian
 identitas dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang paling populer adalah dengan
 mengidolakan seorang tokoh. Tokoh yang diidolakan perkataannya, perbuatannya,
 dan pola pikirnya akan ikut memberi  warna pada remaja tersebut.

Para remaja akan berkata, berbuat, dan berpola pikir seperti tokoh yang diidolakannya. 
Peranan tokoh idola sangat penting dalam kehidupan masa remaja. Keluarga dan anggota-anggotanya sebagai idola remaja sangat penting perananya.

39.       Kalimat saran yang sesuai dengan simpulan karya ilmiah tersebut adalah ...
A. Remaja sebaiknya jangan sering keluar rumah seperti orang dewasa.
B. Carikan tokoh idola yang baik untuk para remaja bekal kehidupannya.
C. Keluarga hendakanya memenuhi segala kebutuhan anak usia remaja.
D. Keluarga hendaknya membimbing anaknya dalam mencari tokoh idola.

Candi ini beridiri di Lereng barat gunung Lawu, pada ketinggian 910 meter di atas 
permukaan Laut.

40.       Perbaikan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah ...
A. Candi ini beridiri di lereng Barat Gunung lawu, pada ketinggian 910 meter di
     atas permukaan laut.
B. Candi ini beridiri di lereng barat Gunung  Lawu, pada ketinggian 910 meter di
    atas permukaan laut.           
C. Candi ini beridiri di lereng Barat Gunung Lawu, pada ketinggian 910 meter di
    atas permukaan Laut.          
D. Candi ini beridiri di lereng barat gunung lawu, pada ketinggian 910 meter di
    atas permukaan laut.           

Hah Paman. Aku tak bawa uang sebanyak itu  Kita ke ATM saja  kata Husin

41.       Penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah ...
A. “Hah Paman.”  “Aku tak bawa uang sebanyak itu.”  “Kita ke ATM saja  kata Husin”
B. Hah, Paman. “Aku tak bawa uang sebanyak itu,”  Kita ke ATM saja  kata Husin.
C. Hah,  Paman. Aku tak bawa uang sebanyak itu  Kita ke ATM saja,  “kata Husin.”
D. “Hah, Paman. Aku tak bawa uang sebanyak itu. Kita ke ATM saja,” kata Husin.

Rambut yang merupakan mahkota bagi wanita hendaknya harus dijaga setiap helainya.

42.       Perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah ...
A. Rambut  merupakan mahkota  hendaknya harus dijaga setiap helainya.
B. Rambut merupakan mahkota wanita yang harus dijaga setiap helainya.
C. Rambut  merupakan mahkota  wanita hendaknya harus dijaga setiap
     helainya.
D. Rambut yang merupakan mahkota  wanita hendaknya harus dijaga setiap
     helainya.

(1) Di  Madura lihat karapan
(2) [ … ]
(3) [ … ]
(4)Tua sengsara tiada guna

43.       Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ...
A. (2) Karapan sapi diadu lari
    (3) Waktu dibuang-buang
B. (2) Di Sumbawa ada kuda
    (3) Kuda benggala dari India
C.(2) Mampir sejenak di Surabaya
    (3) Masa muda disia-siakan
D.(2) Adu domba di Cianjur
    (3) Masa muda sudah terlanjur

Kemarau menjulurkan lidahnya
[ … ](1) bercabang-cabang
Menjilati bumi,  terbelah
Menjilati alang-alang, meranggas
Menjilati ranting,  kering
Menjilati sawah,  petani [ … ](2)
Kemarau memutar lidah
Porak-porandakan semua

44.       Kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ...
A. (1) lurus, (2) susah
B. (1) luas, (2) menangis
C. (1) panas, (2) sengsara
D. (1) panjang, (2) merintih

Aku  berhenti 5 meter di belakang lampu merah. Pedagang asongan berbaur dengan
 gelandangan. Seorang anak kecil sekitar 5 tahunan muncul di sela-sela spion mobil.
 Badan dan bajunya dekil. Tapi wajahnya cantik, dan kulitnya pun putih. Aku curiga
 benarkah ini gelandangan.

45.       Puisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
            A.     Kulihat gadis kecil dekil                                  C. Wajah dekil nasib kerdil
            Tersembul diantara rerimbunan taman             Bergelimpang diantara roda dan asap
            Berbaju dekil berbadan kerdil                        Berbaur dengan peluh
            Badan tak terurus                                          Kau bak kerakap tumbuh
            Aku pilu melihatnya                                       di jalan
            Dan aku curiga padanya                                menengadah setiap mobil datang
                                                                                 menyodorkan nasib
             B.     Merah menyala di jalan                                       menawarkan iba
            Pedagang, gelandangan bersenyawa
            dengan debu jalanan                                D. Ibamu ibaku jua
            Tersembul gadis kecil berbaju dekil              Dekilmu bukan dekilku
            Tapi wajah manis kulit putih                         Nasibmu menghidupkanku
            Benarkah gelandangan begitu adanya           Merah tanda kehidupan bagimu
                                                                              Tuk memetik rezeki dari tangan
                                                                              yang tak mau keluar


Perhatikan kutipan drama berikut.
(1)Asdiarti                   : Kamu mau? (mengeluarkan sesuatu)
(2)Yanti                       : Apa ini?
(3)Asdiarti                   : Bawalah kalau kau mau. Kau akan memperoleh ketenangan.
(4)Yanti                       : (Memandangnya lalu mengambilnya di atas meja)
(5)Asdiarti                   : Ambillah. Simpanlah di tasmu. Jangan sampai kelihatan guru
                                     kita.
(6)Yanti                       : (Memandang penuh ketidakmengertian)
(7) Asdiarti                  : Kalau kau tak mau,  biarlah kusimpan sendiri. Ini cukup
                                     mahal… (menyimpan sesuatu itu lalu menyimpannya sendiri
                                     kembali)

46.       Perbaikan petunjuk laku dialog (4) kutipan naskah drama tersebut adalah ...

A. Memasukkannya ke dalam tasnya.
B. Menerima lalu diletakkan di atas meja.
C. Memandang sesuatu itu dan membiarkannya.
D. Mengambilnya satu per satu sesuatu itu dimasukkannya.

Bacalah kutipan cerpen berikut.
“Ya. Engkau makan serabi untuk Bibi Maya,” kata ibu sambil memandanginya.
“Tidak mungkin. Bagaimana Ibu …”
“Bagaimana ibu bisa tahu,  maksudmu? Tentu saja ibu tahu, Budi. Setiap perbuatan
 yang tidak baik pasti akan diketahui orang. Engkau makan! Yaa atau tidak?”
 tanya dengan lembut. Budi tercengang memandang ibunya. Ternganga mulutnya
 keheranan.“Budi, yaa atau tidak? Haruskah ibu tunjukkan buktinya?”
Budi tetap keras kepala. Dia menggeleng keras-keras.
“Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?” Pucat dia.
“Ya atau tidak?” kali ini ibu sungguh-sungguh marah. “Kau ambil, bukan?”
Budi mengangguk takut-takut.

47.       Naskah drama yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Budi            : (terdiam tidak berkata sepatah kata pun)
     Ibu  : Engkau makan! Yaa atau tidak? (suara lembut)
     Budi            : (terdiam dan tercengang)Ya, Bu. (suaranya pelan)
     Ibu  : Budi, yaa atau tidak? Haruskah ibu tunjukkan buktinya?
     Budi            : Ya, Bu (suaranya lebih keras)
     Ibu  : Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?
     Budi            : Bu, aku pucat.
     Ibu  : Ya atau tidak? (mulai marah) Kau ambil, bukan?
     Budi            : (mengangguk takut-takut)

B. Ibu  : Engkau makan serabi untuk Bibi Maya.
     Budi            : Tidak mungkin. Bagaimana Ibu …
     Ibu              : (memotong) Bagaimana ibu bisa tahu,  maksudmu? Tentu saja ibu   
                           tahu,  Budi.  Setiap perbuatan yang tidak baik pasti akan
                            diketahui orang. Engkau makan!   Yaa atau tidak? (suara lembut)
      Budi           : (terdiam dan tercengang)
      Ibu : Budi, yaa atau tidak? Haruskah ibu tunjukkan buktinya?
      Budi           : (menggelengkan kepala)
      Ibu : Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?
      Budi           : (wajahnya pucat)
      Ibu : Ya atau tidak? (mulai marah) Kau ambil, bukan?
      Budi           : (mengangguk takut-takut)

C.  Ibu : Engkau makan serabi untuk Bibi maya?
      Budi           : (terdiam tidak berkata sepatah kata pun)
      Ibu : Engkau makan! Yaa atau tidak? (suara lembut)
      Budi           : (terdiam dan tercengang)Ya, Bu. (suaranya pelan)
      Ibu : Budi, yaa atau tidak? Haruskah ibu tunjukkan buktinya?
      Budi           : Ya, Bu (suaranya lebih keras)
      Ibu : Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?
      Budi           : Bu, aku pucat.
      Ibu : Ya atau tidak? (mulai marah) Kau ambil, bukan?
       Budi          : (mengangguk takut-takut)
.  D.Ibu            : Engkau makan serabi dengan Bibi Maya.
       Budi          : Tidak mungkin. Bagaimana Ibu …
       Ibu    : (memotong) Bagaimana ibu bisa tahu,  maksudmu? Tentu saja ibu
               tahu, Budi. Setiap perbuatan yang tidak baik pasti akan diketahui
               orang. Engkau makan! Yaa atau tidak? (suara lembut)
       Budi          : (terdiam dan tercengang)
       Ibu            : Haruskah ibu tunjukkan buktinya kepada Budi?
       Budi          : (menggelengkan kepala)
       Ibu            : Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?
       Budi          : (wajahnya pucat)
       Ibu            : Ya atau tidak? (mulai marah) Kau ambil, bukan?
       Budi          : (mengangguk takut-takut)


Perhatikan kutipan naskah berikut.
Satilawati         : Tidak ada sebab yang lain?   
Ishak                : (kemalu-maluan) Tentu ada. Engkau cantik.
Satilawati         : [ … ](1)
Ishak                : Itu yang akan kuceritakan kepadamu sekarang. Aku dalam bahaya.
Satilawati         : Bahaya apa?
Ishak                : Aku mungkin dipandang pengkhianat oleh rakyat.
Satilawati         : Karena apa?
Ishak                : [ … ](2)
Satilawati         : Romanmu itu, maksudmu?
Ishak                : Ya, “Hari ketiga Nippon di Indonesia”
Satilawati         : Mengapa? Sudah diterbitkan, bukan?
Ishak                : Ya, semua hartaku telah habis kujual untuk menerbitkan buku itu. Rugi
                           semata.

48.       Dialog-dialog yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah ...
A. (1) Akan ke mana engkau pergi
     (2) Karena aku mengarang
B. (1) Tetapi mengapa?
     (2) Karena wajahku.
C. (1) Tapi mengapa engkau pergi?
     (2)  Karena karanganku.
D. (1)  Engkau akan ke mana?
     (2)  Aku mengarang.