Minggu, 30 September 2012

FUNGSI KOMBINASI SHORTCUT


KOMBINASI SHORTCUT YANG SERING DIGUNAKAN


Bagi Anda pengguna komputer pemula, silakan baca fungsi  penggunaan kombinasi shortcut yang sering digunakan berikut ini.



Kombinasi 2 tombol

Ctrl + N                  =   Membuat sebuah dokumen baru

Ctrl + O                   =   Membuka dokumen yang telah dibuat

Ctrl + W                  =    Menutup dokumen

Ctrl + S                    =   Membuka dokumen

Ctrl + B                    =   Membuat tulisan cetak tebak

Ctrl + I                     =   Membuat tulisan cetak miring

Ctrl + U                    =   Membuat tulisan bergaris bawah

Ctrl + C                    =   Menyalin teks atau obyek terpilih

Ctrl + X                    =   Memotong teks atau obyek terpilih

Ctrl + V                    =   Menempelkan hasil memotong atau menyalin

Ctrl + Z                    =    Membatalkan perintah

Ctrl + Y                    =    Menjalankan lagi perintah atau aksi terakhir

Ctrl + F                    =    Mencari teks atau item-item tertentu

Ctrl + H                   =   Mengganti teks, format spesifik dan item khusus

Ctrl + G                    =   Menuju ke page, bookmar, footnote, table, comment, 
                                     
                                       graphic atau lokasi lain

Ctrl + Delete            =   Menghapus satu kata ke kanan

Ctrl + Back space    =    Menghapus satu kata ke kiri

Ctrl + ]                     =  Menambah ukuran font ( huruf ) per 1 poin

Ctrl + [                     =   Mengurangi ukuran font ( huruf ) per 1 poin

Ctrl + D                    =  Mengubah format karakter ( perintah font, menu format )

Shift + F3                  =   Mengubah besar kecilnya huruf

Ctrl + P                     =   Perintah mencetak dokumen

Ctrl + Space bar        =  Menghilangkan format karakter manual

Ctrl + Equal sign       =   Membuat format subscript

Ctrl + Home              =   Kembali ke halaman awal

Ctrl + End                  =   Ke halaman paling akhir
Kombinasi shortcut yang sering digunakan
Fungsi
Kombinasi 3 tombol

Ctrl + Alt + S             =    Memecah jendela dokumen

Alt + Shift + C            =    Mengembalikan dakumen setelah dipecah

Ctrl + Shift + <           =    Mengurangi ukuran huruf
 
Ctrl + Shift + >           =    Menambah ukuran huruf

Ctrl + Alt + Y             =    Mengulangi pencarian ( setelah menutup jendela find and replase )

Ctrl + Alt + Home      =    Mengubah font menjadi symbol

Ctrl + Alt + P              =    Mengubah dokumen ke tampilan print preview

Ctrl + Alt + O              =   Mengubah outline view

Ctrl + Alt + Shift + N   =   Mengubah normal view

Ctrl + Shift + S             =  Mengubah font

Ctrl + Shift + P             =   Mengubah ukuran font

Ctrl + Shift + A            =   Mengubah huruf menjadi besar ( capital ) semua

Ctrl + Shift + W           =    Menggaris bawahi kata tanpa spasi

Ctrl + Shift + D            =   Memberi garis bawah ganda pada teks

Ctrl + Shift + H            =   Membuat teks yang tersembunyi

Ctrl + Shift + K            =    Memformat huruf menjadi besar ( capital ) tetapi 

                                           berukuran kecil

Ctrl + Shift + Plus sign =  Membuat format superscript

Ctrl + Shift + Q             =  Melakukan penelusuran melalui sebuah dokumen

MODEL - MODEL PEMBELAJARAN


Pembelajaran di kelas hendaknya dirancang menarik yang menumbuhkan kesempatan sebesar-besarnya aktifitas anak untuk mengembangkan kemampuannya. Untuk itu, Guru perlu mengetahui model-model pembelajaran yang telah ada. Apa sajakah model-model pembelajaran yang ada? Silakan baca selengkapnya.....


Download : DI SINI

PERMENDIKNAS NO 41 TAHUN 2007


Permendiknas No 41 Tahun 2007 berisi tentang Standar Proses Pendidikan di Indonesia. Anda ingin baca selengkapnya......

Download : DI SINI

8 STANDAR PENDIDIKAN


Salah satu 8 Standar Pendidikan di Indonesia dikenal adanya Standar Proses. Di dalamnya dibicarakan mengenai Pendekatan, Strategi, Metode, Taktik, dan Teknik Pembelajaran. Bagaimana sesungguhnya perbedaannya? Silakan baca selengkapnya...........


Download : DI SINI

RUMUS KEM




Mengukur Kecepatan Membaca

Ukurlah kecepatan membacamu dengan rumus menghitung kecepatan membaca permenit untuk melihat apakah kecepatan membacamu bagus atau perlu peningkatan.

Rumus Menghitung Kecepatan Membaca

K                                   B

-----         (60)     x      -----               =                     ............Kpm

Wd                                Sm


Keterangan  :

K         : jumlah kata yang dibaca

Wd      : waktu tempuh baca (dalam detik)

B         : skor yang diperoleh

Sm      : skor maksimal

Kpm   : kecepatan membaca per menit

Keterangan

- Kecepatan membaca per menit (Kpm) > 200 berarti

   kemampuan membaca cepatmu sudah bagus

- Kecepatan membaca per menit (Kpm) < 200 berarti

   kemampuan membaca cepatmu perlu ditingkatkan

Contoh perhitungan :

Diketahui

K         :    352 kata

Wd      : 65 detik

B         : 80

SM      : 100

Maka :

Kpm      =    (K/Wd X 60) X (B/Sm)

                     (352/65 X 60) X (80/100)

                     (324, 92) X (80/100)

              =     259,934 KWd

              Jadi, kecepatan membacanya adalah 259 kata per menit.



KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA




MENGHITUNG WAKTU MEMBACA

Bacalah bacaan berikut ini! Hitunglah berapa detik kamu menyelesaikan bacaan berikut!

Waktu mulai     : ………………..….

Waktu selesai   : ……………………

ORANG-ORANG BUTA DAN SEEKOR GAJAH

Suatu ketika, Budha menceritakan sebuah ceritera tentang orang-orang buta dan seekor gajah. Budha tak mengerti mengapa banyak ajaran waktu itu, contohnya ajaran keagamaan,saling mempersoalkan kebenaran dan masing-masing menyatakan hanya ajarannya sendiri yang paling benar, sementara ajaran agama lain salah. Setelah Budha wafat, ceritera ini tersebar tidakhanya di India saja, tetapi juga di negara dan budaya lain, ceritera ini dikenal dan diceritakan.Sampai saat ini, cerita ini masih menjadi bacaan wajib dalam buku-buku pelajaran di sekolah.

Suatu ketika, seorang raja di India utara memerintahkan pegawai-pegawainya untuk mengumpulkan orang-orang yang buta sejak lahir ke istana kota raja. Sang raja juga memerintahkan pegawainya untuk membawa seekor gajah ke istana. Orang-orang buta ini sepanjang hidupnya belum pernah sama sekali mengerti apa itu gajah. Mereka tidak tahu seperti apakah gajah itu. Sekarang, sang raja memerintahkan mereka untuk menyentuhnya. Mereka hanya diperbolehkan menyentuh bagian-bagian tertentu saja, bukan gajah secara keseluruhan. Setelah beberapa waktu menunggu, mereka dipersilahkan mengatakan, bagaimana dan apa itu gajah.

Seorang buta yang telah meraba bagian kakinya membandingkan gajah dengan gelondong kayu. Seorang buta yang telah meraba perutnya membandingkannya dengan sebuah balon. Seorang buta yang telah meraba taringnya membandingkannya dengan sebatang kayu yang bulat dan halus. Seorang buta yang telah meraba kepalanya membandingkannya dengan sebuah panci. Seorang buta yang telah meraba belalainya membandingkannya dengan selang air. Akhirnya seorang buta lain yang telah meraba bagian ekornya tidak mau ketinggalan. Ia membandingkan seekor gajah dengan tali tambang yang sudah rusak.Masing-masing dari mereka memiliki penjelasannya sendiri tentang seekor gajah.

Oleh karena gambaran mereka tentang gajah berbeda, mulailah mereka bertengkar.Masing-masing sangat yakin bahwa hanya penjelasannyalah yang paling benar dan kepunyaan yang lainnya salah. Akhirnya mereka saling berantem dan dengan demikian sang raja terhibur.

Siapakah yang salah dan siapakah yang benar? Adakah seorang dari mereka memiliki kebenaran? Yang pasti sang rajalah yang salah karena telah mempermainkan orang buta. Bagi orang-orang buta sejak lahir, sangatlah sulit mendeskripsikan gajah tanpa merabanya secara utuh. Masing-masing dari mereka telah menggambarkan dengan tepat apa yang mereka rasakan. Mereka telah melakukannya dengan benar. Masing-masing mengatakan kebenaran.Tak seorang pun berbohong karena mereka hanya diperbolehkan meraba bagian-bagian tertentu saja.

Kesalahan dari masing-masing orang buta tersebut bukan soal kualitas daripenjelasannya, melainkan keyakinan dan pernyataan tentang gajah secara keseluruhan danmenganggap penjelasannyalah yang paling benar. Tak seorang pun memiliki gagasan bahwamasing-masing hanya menjelaskan satu bagian saja.cara keseluruhan

Kesalahan dari masing-masing orang buta tersebut bukan soal kualitas dari penjelasannya,melainkan keyakinan dan pernyataan tentang gajah secara keseluruhan dan menganggap penjelasannyalah yang paling benar. Tak seorang pun memiliki gagasan bahwa masing-masing hanya menjelaskan satu bagian saja.

Bayangkan seumpama satu di antara mereka seorang ilmuwan, maka ia akan mencari penyelesaian dengan gaya para ilmuwan, yaitu dengan metode persentase atau statistik. Ia akan segera mendata berapa banyak orang buta yang membandingkan dengan selang air, berapa persen yang membandingkannya dengan gelondongan kayu, dan seterusnya.

Akhirnya ia memperoleh hasil sebagai berikut: 40% membandingkannya dengan gelondongan kayu, 20% dengan batang kayu yang bulat dan halus, dan masing-masing 10% dari mereka yangmembandingkannya dengan panci besar, sebuah balon, selang air dan tali tambang yang rusak.Sangat logis bukan? Seekor gajah memiliki 4 kaki besar seperti gelondong kayu (40%) dan 2 taring (20%), Sedangkan untuk kepala, belalai, perut dan ekor hanya 1 (10%). Sebagaimana para ilmuwan meyakini bahwa kemayoritasan memainkan peranan, cenderung yakin bahwa mayoritas adalahkebenaran, maka ia menyatakan bahwa seekor gajah itu seperti gelondongan kayu karena hampir setengah menyatakannya. Jadi di dalam kasus ini, mayoritas tidak otomatis sebuah kebenaran.

Oleh sebab itu, hanya ada satu pemecahan dari persoalan ini. Orang-orang buta yang hanyameraba bagian-bagian tertentu tersebut harus bekerja sama. Mereka harus bekerja seperti merangkai gambar dari sebuah gambar yang telah dipotong-potong. Lantas katakanlah, seekor gajah itu terdiridari 4 gelondongan kayu, 2 batang kayu yang bulat dan halus, 1 balon, 1 panci, 1 selang air dan satu tali tambang buntut. Dengan demikian, mereka akan mampu memperolah gambaran tentang seekor gajah secara keseluruhan. Mereka harus menghentikan perselisihan dan bekerja sama. Mereka harus menyatukan gambaran masing-masing dengan gambaran yang didapat temannya. Mereka harus maubelajar dari yang lain. Masing-masing harus menerima dan memahami bahwa ada kebenaran dari penjelasan orang lain. Masing-masing harus mempertimbangkan bahwa mereka bukan satu-satunyapemaham kebenaran.

Barang siapa mau membagi pengetahuan dengan orang lain, ia tak akan sedikit pun kehilangan.Justru sebaliknya, jika pengetahuan dibagi, pengetahuannya tidak akan berkurang melainkan bertambah.Kita manusia memang seperti dongeng orang-orang buta ini. Kita tetap buta, kita mirip mereka ini.

1) Kita hanya mengambil sebagian (secuil) dari keseluruhan sebuah kenyataan.

2) Kita hanya memahami sebagian (secuil) dari kekompleksan sebuah kenyataan.

3) Kita hanya memegang sebuah pengertian yang terbatas dari seluruh kenyataan.

4) Kita hanya ingin selalu melawan dan menentang apa yang berbeda dari kita.

5) Kita berjuang mati-matian mempertahankan pernyataan kita sebagai satu-satunya
 
    kebenaran.

6) Kita hanya ingin tampak pandai dengan perselisihan, bukan belajar.

7) Kita harus bertindak ini (menerima, mendengarkan, dan memahami apa yang

   dikatakan    orang  lain), jika kita ingin mengetahui lebih banyak.

Menjawab Pertanyaan Bacaan

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut secara tepat tanpa harus melihat teks!

1. Cerita tentang Orang-orang Buta dan Seekor Gajah itu pada mulanya diceritakan

    oleh….

A. Sang raja di India

B. Sang Budha

C. pegawai Istana

D. tersebar begitu saja dari mulut ke mulut

2. Cerita "Orang-orang Buta dan Seekor Gajah" itu pada mulanya diceritakan sebagai

    salah satu    bentuk ….

A. ajaran Sang Budha

B. hiburan Raja

C. humor

D. lelucon dari mulut ke mulut

3. Tujuan utama Cerita Orang-orang Buta dan Seekor Gajah itu diciptakan adalah

    untuk menyadarkan     kita agar ….

A. tidak main hakim sendiri

B. tidak saling berselisih mempersoalkan kebenaran ajarannya dan memandang

    ajaran lain     salah

C. tidak suka mempermainkan binatang yang dianggap suci.

D. tidak mudah diadu domba oleh orang yang tidak bertanggung jawab

4. Pernyataan berikut manakah yang sesuai dengan teks tersebut?

A. Ilmuwan meyakini bahwa kemayoritasan memainkan peranan, sehinggamayoritas

     cenderung sebagai sebuah kebenaran.

B. Kelima orang buta itu membandingkan seekor gajah dengan gelondongan kayu,

    batang   kayu yang bulat dan halus, panci besar, dan sebuah balon.

C. Kita harus mengambil sebagian dari keseluruhan sebuah kenyataan.

D. Mayoritas bukanlah sebuah kebenaran.

5. Kesalahan apakah yang dibuat oleh orang-orang buta?

A. Soal kualitas dari penjelasannya yang tidak masuk akal.

B. Mereka saling memaksakan kehendaknya, seolah jawabannyalah yang palingbenar.

C. Karena pada dasarnya, mereka sejak lahir tidak pernah melihat gajah.

D. Karena orang-orang buta itu tak memiliki pengetahuan yang baik

PENDIDIKAN KARAKTER


Pendidikan karakter menjadi issu sentral dunia pendidikan pada masa kini. Kita 'bangsa Indonesia' merindukan budaya jujur, sopan santun, berbudi, dst. Bagaimana pendidikan karakter akan dilaksanakan? Baca selengkapnya .............


Download : DI SINI

Jumat, 28 September 2012

RPP PLPG


RPP TERLENGKAP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PLPG terlengkap disajikan di sini. baca selengkapnya......
Klik :  DI SINI

PUISI CINTA JALALUDIN RUMI





Puisi Cinta JALALUDIN RUMI

Bila tak kunyatakan keindahan-Mu dalam kata,
Kusimpan kasih-Mu dalam dada.
Bila kucium harum mawar tanpa cinta-Mu,
Segera saja bagai duri bakarlah aku.
Meskipun aku diam tenang bagai ikan,
Tapi aku gelisah pula bagai ombak dalam lautan Kau yang telah menutup rapat bibirku,
Tariklah misaiku ke dekat-Mu.
Apakah maksud-Mu? Mana kutahu?
Aku hanya tahu bahwa aku siap dalam iringan ini selalu.
Kukunyah lagi mamahan kepedihan mengenangmu,
Bagai unta memahah biak makanannya,
Dan bagai unta yang geram mulutku berbusa.Meskipun aku tinggal tersembunyi dan tidak bicara,
Di hadirat Kasih aku jelas dan nyata.
Aku bagai benih di bawah tanah,
Aku menanti tanda musim semi.
Hingga tanpa nafasku sendiri aku dapat bernafas wangi,
Dan tanpa kepalaku sendiri aku dapat membelai kepala lagi.

Sumber: Walijo dot com